VISI PEMERINTAH DESA PURWOSARI : DESA PURWOSARI MANDIRI, PRODUKTIF, BERBUDAYA, MAJU, AMAN, DAN BERMARTABAT (BERIMAN, AMANAH, TRANSPARAN, SEJAHTERA DAN HEBAT) - "BERGERAK BERSAMA MASYARAKAT MENUJU PURWOSARI BERMARTABAT" BAGI WARGA YANG MAU MENGGUNAKAN FASILITAS MOGASARI (MOBIL SIAGA DESA PURWOSARI) ADALAH GRATIS

Artikel

GEMARI UNTUK DESA PURWOSARI

01 Juni 2021 22:06:19  Admin Desa  224 Kali Dibaca  Berita Desa

Purwosari_Bermartabat. Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro berpartisipasi dalam menanggulangi masalah stunting yang ada di desa. Langkah konkrit yang dilakukan adalah menyelenggarakan Kampanye GEMARIKAN yaitu Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan dengan peserta dari SDN Purwosari 1, SDN Purwosari 3 dan SDIT An Nuur Purwosari.

Kampanye Gemarikan ini dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 28 Mei 2021 di Balai Desa Purwosari mulai pukul 08.30 s.d 10.30 WIB. Kegiatan kampanye ini dihadiri oleh Ibu Ninik Susmiati, S.KM., M.Kes (Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan), Ibu Catur Rahayu K., M.Si (Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan), dr. Zaki beserta bidan desa dari Puskesmas Purwosari, Ibu Umi Zumrothin, SH (Kepala Desa) beserta Perangkat, Bapak Ibu Kepala Sekolah Undangan, Bapak Ibu Guru Pendamping serta siswa siswi dari sekolah yang diudang yaitu SDN Purwosari 1, SDN Purwosari 3 dan SDIT An Nuur Purwosari.

Sebelum acara kampanye Gemarikan dimulai seluruh peserta undangan mengisi daftar hadir yang sudah disediakan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan dan setiap peserta dan pendamping mendapatkan brosur kampanye GEMARIKAN. Acara kampanye ini dimulai dengan hiburan music dari Ananda Arya Sheva yang merupakan talenta desa purwosari yang pernah menjadi Juara I lomba Cover Lagu Ibu Anna Muawanah Bupati Bojonegoro dan penampilan Tari Gemarikan dari SDIT An Nuur Purwosari. Setelah acara hiburan di lanjutkan sambutan-sambutan mulai dari sambutan Ibu Kepala Desa, Ibu Kepala Dinas Peternakan dan Pertanian hingga di akhiri oleh pemaparan materi oleh Ibu Ninik Susmiati, S.KM., M.Kes selaku staf ahli Bupati.

Dalam pemaparan materi, Ibu Ninik Susmiati, S.KM., M.Kes menyampaikan beberapa hal diantaranya :

  1. Kampanye Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) merupakan Langkah yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam upaya mencegah stunting khususnya di wilayah pedesaan dengan menggalakan budaya makan ikan. Karena didalam ikan mengandung Omega 3, Protein, Kalsium tinggi yang mampu meningkatkan kecerdasan otak.
  2. Kabupaten Bojonegoro konsumsi ikan hanya Cuma 28 dan masih termasuk kategori rendah baik tingkat provinsi maupun nasional. Selain itu Bojonegoro termasuk kategori rendah dalam konsumsi Daging dan Konsumsi Ayam.
  3. Stunting terjadi karena kurangnya pasokan nutrisi gizi terutama di 1000 hari sejak kelahiran anak. Di usia anak-anak merupakan masa pertumbuhan sehingga dibutuhkan zat-zat gizi yang terkandung didalam ikan tersebut.
  4. Cara memasak ikan yang kurang benar akan mempengaruhi kandungan zat-zat gizi yang terkandung didalam ikan tersebut sehingga perlu adanya informasi pengetahuan dalam memasak ikan.

Akhir kegiatan Kampanye gemarikan Dinas Peternakan dan Perikanan membagikan paket Gemarikan yang berisi makanan yang berasal dari bahan ikan kepada para peserta undangan. Dan juga ada doorprice dari Pemerintah Desa Purwosari bagi peserta kampanye yang bisa menjawab pertanyaan seputar ikan yang diterangkan oleh narasumber tersebut.

“Dengan adanya Kampanye Gemarikan ini, para peserta undangan diharapkan bisa berbagi informasi untuk menggelorkan Gerakan Makan ikan kepada seluruh warga yang ada di Desa Purwosari” pesan singkat Ibu Umi Zumrothin, SH.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Info Umum

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Arsip Artikel

LINK INSTANTSI TERKAIT

VIDEO KEGIATAN