VISI PEMERINTAH DESA PURWOSARI : DESA PURWOSARI MANDIRI, PRODUKTIF, BERBUDAYA, MAJU, AMAN, DAN BERMARTABAT (BERIMAN, AMANAH, TRANSPARAN, SEJAHTERA DAN HEBAT) - "BERGERAK BERSAMA MASYARAKAT MENUJU PURWOSARI BERMARTABAT" BAGI WARGA YANG MAU MENGGUNAKAN FASILITAS MOGASARI (MOBIL SIAGA DESA PURWOSARI) ADALAH GRATIS

Artikel

MUSYAWARAH DESA SOSIALISASI DAN PEMBENTUKAN TIM RELAWAN SDGs DESA PURWOSARI

15 April 2021 15:50:42  Admin Desa  185 Kali Dibaca  Agenda Desa

Purwosari_Bermartabat. Desa mencakup wilayah yang kecil dengan jumlah warga yang sedikit pula. Ini memudahkan pengelolaan wilayah seperti pemukiman, infrastruktur, ekosistem daratan dan lautan. Ini juga mempermudah penanganan penduduk baik dalam aspek kemiskinan, kelaparan, Kesehatan, Pendidikan, dan keadilan social antar warga sehingga perlu adanya pembangunan desa yang komplek.

Pada situasi sepert inilah SDGs dibutuhkan untuk diimplementasikan di desa yaitu membangun desa denga nisi yang total, namun dapat dikendalikan pada wilayah dan warga yang terbatas. Tujuan SDGs untuk Indonesia adalah Pembangunan Berkelanjutan. SDGs Desa bukan pemikiran yang abstrak , melainkan sesuati hal yang kongkrit dijalankan di lapangan. Ini ditunjukan oleh mudahnya pengambilan data lapangan, kemudian dari data tersebut (berbasis data) maka terbitlah rekomendasi perbaikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. Implementasi tersebut berwujud kegiatan pembangunan yang melibatkan warga desa.

Pendataan Desa adalah proses panggilan, pengumpulan, pencatatan, verifikasi dan validasi data SDGs Desa yang memuat data obyektif kewilayahan dan kewargaan Desa berupa asset dan potensi aset desa yang bisa digunakan untuk mencapai tujuan pembangunan desa baik itu masalah ekonomi, social dan budaya yang dapat digunakan sebagai acuan dalam penyusunan program dan pembangunan desa. Keseluruhan hasil pemutakhiran data SDGs Desa terangkum dalam Sistem Informasi Desa (SID Desa).

Untuk mendukung kelancaran kegiatan pemutakhiran data SDGs Desa perlu adanya sosialisasi kepada para  relawan yang akan terjun dilapangan sesuai dengan Tim yang sudah dibentuk. Berdasarkan hal tersebut Pemerintah Desa Purwosari menyelenggarakan Musyawarah Desa (Musdes) Sosialisasi dan Pembentukan Tim Relawan SDGs Desa Purwosari Kecamatan Purwosari pada hari Rabu Tanggal 14 April 2021 yang dimulai pukul 10.00 WIB.

Dalam musdes tersebut selain dihadiri oleh Ibu Kepala Desa beserta perangkat juga di hadiri oleh Perwakilan Kecamatan Purwosari, Babinsa, Babinkamtibmas, Pendamping Desa, Ketua BPD, Ketua RW, Ketua RT, Karang Taruna, TP PKK “Bermartabat” Desa Purwosari dan tokoh Masyarakat.  Dalam sambutannya Ibu Umi Zumrothin, SH memberikan penjelasan maksud dan tujuan para relawan di undang di balai desa yang berkaitan dengan SDGs, sedangkan pendamping Desa menjelaskan teknis Pendataan yang akan dilakukan oleh para relawan SDGs. Semoga pelaksanaan kegiatan Pemutakhiran data SDGs ini bisa berjalan lancar dan bisa memberikan dampak yang positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa khususnya Desa Purwosari.

 

Silahkan Download link SOP Pemutakhiran Data SDGs Desa :

http://bit.ly/SOP_PEMUTAKHIRANDATA_SDGs

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Info Umum

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Arsip Artikel

LINK INSTANTSI TERKAIT

VIDEO KEGIATAN